Perbaiki Sistem Hukumnya, Joni Sianatra Ginting: Jangan Ada Lagi Tajam Kebawah danTumpul Keatas

Usai rapat Komisi 1 DPRD Samarinda Joni Sinatra Ginting berikan keterangan terhadap Sistem Hukum di Indonesia Samarinda (24/07/2023)

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Hukum dan keadilan di Indonesia masih belum mendapatkan kepercayaan di Masyarakat, tidak sedikit seseorang yang beranggapan hukum di Indonesia masih bisa dibeli, hukum yang ada seakan hanya berlaku untuk orang kecil saja.

“Selama ini semua masyarakat masih menganggap seperti itu, namanya tajam ke bawah dan tumpul keatas itu masih terus ada, makanya stigma seperti itu harus dihilangkan, apalagi berbicara masalah Kejaksaan ini kan mereka adalah lawyer dari Pemerintah sebaiknya jangan moment kesempatan diambil, selama ini kan masih seperti itu, mungkin itu oknum jangan adalagi penyimpangan, ” ucap Anggota Komisi I DPRD Kota Samarinda Joni Sinatra Ginting., S.E., SH.,MH., M.AP pada Senin (24/07/2023).

Baca Juga  Pelepasan Siswa SMP Negeri 35 Samarinda Di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN

Menurutnya dengan penegakan hukum maka akan menciptakan tatanan masyarakat yang adil, damai dan sejahtera sesuai dengan yang diharapkan.

” Saya berharap kedepannya Kejaksaan memang betul-betul manjadi kepercayaan masyarakat kebanggaan kita semua, untuk menegakkan hukum yang ada sehingga apa yang selama ini terjadi penyelewengan atau penyimpangan itu bisa lurus kembali,” terangnya.

Menurut salah seorang anggota legislatif lulusan Magister Hukum ini, yang dapat mengembalikan hukum agar dapat ditegakkan di Indonesia tidak ada cara lain dimulai dengan mewujudkan sistem internal yang bersih serta memperbaiki mentalnya.

Baca Juga  Tuan Guru Bajang Tak Masuk Simulasi Cawapres, Relawan TGB Protes Survei Poltracking Indonesia

” Bersih dulu internalnya, tidak boleh ada kata lain memang harus betul – betul berubah, seperti programnya presiden Joko Widodo ( Jokowi) melakukan revolusi mental, kalau revolusi mental ini sudah benar – benar terwujud semuanya bisa baik,” lanjutnya.

Ditambahkan Joni, sebagai kiat dalam mewujudkan penegakan hukum yang sehat hendak para lawyer tetap berada di jalur kebenaran.

” Dimana pun sama, kalau kita harus clear atau bersih dari semuanya, pertama harus memiliki idealisme, kalau bisa memiliki iman yang kuat, semuanya tidak terlepas dari itu, Kalau masih gampang teriming- iming pastinya akan tempengaruh,” imbuhnya.

Baca Juga  Jokowi Kumpulkan Ketum Parpol, PPP: Menyamakan Langkah Jelang Pemilu 2024

Tidak semuanya oknum yang ada didalamnya itu tidak baik, karena kadang – kadang segala sesuatu yang membuatnya jelek itu, dikarenakan sistem yang ada di dalamnya.

“Sahingga sistemnya harus di perbaiki,” pungkasnya. (Nng)