Jejak Literasi: SDN 008 Samarinda Ulu Rayakan Pelepasan Siswa dengan 25 Karya Antologi

SAMARINDA.Nusantara.News info – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 008 Samarinda Ulu meluncurkan 25 buku antologi karya siswa, orang tua, guru, dan tenaga kependidikan untuk pertama kalinya. Acara ini juga dirangkai dengan pelepasan siswa kelas VI yang telah menyelesaikan pendidikannya bertempat di Gedung Hotel Five Premiere Samarinda pada Rabu, (15/05/2024).

Peluncuran buku antologi yang memuat puisi siswa dan orang tua, serta autobiografi guru dan tenaga kependidikan ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda, Asli Nuryadin.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda, Ketua K3S, pengawas, perwakilan kepala sekolah, komite, dan undangan lainnya.

Baca Juga  Perkuat Sinergritas:IKA SMANSA Terima Bantuan CSR Dari PT Baramulti Suksessarana

Sementara itu, acara pelepasan siswa kelas VI berlangsung meriah dengan berbagai penampilan seni, termasuk tari-tarian khas Kalimantan, tari kreasi Nusantara, puisi, pantomim, dan seni bela diri.

Kepala Sekolah SDN 008 Samarinda Ulu, Chelda Yuliana M.,Pd.menjelaskan bahwa peluncuran 25 buku ini merupakan upaya pertama mereka dalam membudayakan literasi melalui menulis, dengan momentum peluncurannya bersamaan dengan pelepasan siswa.

“Kami ingin mendorong minat menulis dan membaca di kalangan siswa serta seluruh komunitas sekolah,” ucap Chelda Yuliana.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda, Dr.H.Asli Nuryadin,S.Pd.,M.M. menyampaikan apresiasinya terhadap kekompakan yang ditunjukkan oleh SDN 008 Samarinda Ulu dan berharap kegiatan ini dapat memupuk kebiasaan menulis dan membaca di kalangan anak-anak.

Baca Juga  SDN 007 Samarinda Ilir Adakan Gerakan Mendaur Ulang Sampah (Gemas) pada Peringatan Hari Literasi Nasional

“Kegiatan ini sangat penting untuk mengubah perilaku anak-anak agar lebih gemar menulis dan membaca,” kata Asli Nuryadin.

Acara ini juga menjadi momen penting bagi seluruh komunitas sekolah dalam mendukung pertumbuhan literasi dan pendidikan di Samarinda. Ketua Panitia, Syarifah Rogaiyah Alatas, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda, Sunaryo M.Pd., serta Ketua Komite, Muh Yamin, turut memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Selain peluncuran buku, acara ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada 10 siswa berprestasi, penyerahan cinderamata kepada para guru, dan prosesi wisuda siswa sebagai puncak acara.

Dengan peluncuran buku antologi ini, SDN 008 Samarinda Ulu berharap dapat terus menginspirasi dan meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah serta masyarakat sekitar.

Penulis: Bud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *