Sri Puji Astuti: Partisipasi Masyarakat Samarinda Sambut IKN Belum Maksimal

Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Partisipasi Masyarakat Kota Samarinda dalam menyambut kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kaltim dinilai masih belum maksimal, keadaan ini diungkapkan oleh ketua komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti, Rabu (12/7/2023).

Puji menyebut, setelah Kaltim ditetapkan sebagai lokasi IKN, memang hal yang terus disuarakan yakni kesiapan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama warga lokal sehingga mampu mengisi peluang kerja yang ada di kawasan IKN.

Baca Juga  Pelepasan Siswa SMP Negeri 35 Samarinda Di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN

Namun, sampai saat ini antusias masyarakat Samarinda dalam meningkatkan SDM khususnya masih belum terlihat.

“Karena selama ini masyarakat masih terbiasa, bahwa kalau pemerintah punya program baru mereka (masyarakat) ikut. Kalau pemerintah kota-nya diam-diam saja, ya mereka juga ikut diam,” kata Sri Puji Astuti.

Karena itu, Puji berharap agar pemerintah bersama pihak terkait harus terus melaksanakan program pelatihan dan fasilitasi untuk peningkatan kompetensi profesi bagi masyarakat, agar nantinya dapat meningkatkan kualitas SDM berdaya saing tinggi ketika menyambut IKN.

Baca Juga  Ribuan Relawan Matahari Pagi Kaltim Satukan Tekad, Deklarasikan Dukung Prabowo-Gibran

“Yang terpenting adalah tetap mengarah kepada aturan yang berlaku. Regulasi pusat itu dapat diimplementasikan di daerah. Nanti bisa mengacu kepada peraturan daerah, peraturan walikota, surat keputusan Wali Kota,” terangnya.

(Isw)