Perkumpulan Keluarga Nias Samarinda Rayakan HUT RI Ke-78 Th

Foto:Istimewa

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 dirayakan oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air Indonesia, demikian juga kelompok masyarakat asal Kepulauan Nias yang berdomisili di Kota Samarinda dan sekitarnya, Provinsi Kalimantan Timur, merayakan HUT KEMRI KE-78 dengan antusias, penuh kebahagiaan.

Masyarakat asal Kepulauan Nias yang sudah 27 tahun berkumpul dalam wadah Perkumpulan Keluarga  Nias (PKN) Samarinda ini merayakan HUT KEMRI KE-78 selama satu bulan penuh. Diisi dengan berbagai turnamen dan permainan masyarakat.

Ketua PKN Samarinda  Iman  Calvin Hia A.Md. membuka secara resmi kegiatan perayaan HUT KEMRI KE-78 pada tanggal 19 Juli 2023 dan berakhir pada hari Minggu tanggal 20 Agustus 2023 dengan melaksanakan Ibadah Syukur, Upacara HUT KEMRI KE-78, Penutupan Turnamen serta Pembagian Piala, Uang Pembinaan, serta Hadiah bagi pemenang.

Ketika membuka secara resmi Perayaan HUT KEMRI KE-78, Iman Calvian Hia A.Md  berpesan agar setiap peserta menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding. Sportif berarti mengakui kelebihan orang lain sebagai pemenang, dan menerima kekurangan ketika mengalami kekalahan. Juga mengikuti pertandingan dengan tertib, tidak bermain curang dan membangun kerjasama dalam permainan tim.

“Hindari protes hal-hal yang tidak penting, jauhkan diri dari egois yang membunuh karakter semangat kebersamaan. Jangan ada yang merasa dirinya lebih hebat dari yang lain, karena hal itu akan menumbuhkan kesombongan dan pertengkaran,” terangnya.

Dalam Laporan Ketua Panitia, Kristian Telaumbuana menyampaikan bahwa selama satu bulan penuh kegiatan perayaan HUT KEMRI KE-78 oleh PKN Samarinda telah dilaksanakan beberapa turnamen, antara lain :

Pertandingan Bola Volly, Futsal, Domino, Catur yang diikuti dengan antusias oleh Kaum Bapak dan Pemuda PKN Samarinda.Tidak kalah seru dengan Kaum Bapak dan Pemuda, Kaum Wanita dan Anak-anak PKN juga mengikuti Pertandingan Bulu Tangkis, Pemainan Makan Kerupuk dan Joget Balon.

Ini semua dapat kami laksanakan karena dukungan dari Para Penasehat dan Pengawas PKN, Pengurus PKN dan rekan-rekan Panitia. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan pemikiran, tenaga dan dana yang telah diberikan kepada kami demi suksesnya perayaan HUT KEMRI KE-78 Tahun 2023 ini.

Baca Juga  Silaturahmi & Halal-Bihalal: Ketua BAZNAS Samarinda Gelar Open House Rayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah

Puncak Acara Perayaan dihadiri oleh Para Penasehat, Pengawas, dan ratusan warga asal Kepulauan Nias di Samarinda, serta para undangan.

Dalam sambutan Dewan Penasehat PKN yang diwakili oleh Hakulyakin Hulu, S.Pd., MM  mengatakan bahwa kegiatan ini sangat sukses, mendapat respons yang begitu antusias dari warga PKN Samarinda. Karena itu, Pengurus PKN jangan pernah lelah bekerja mensukseskan Program Kerja yang telah disusun dan disepakati bersama.

Kegiatan yang dilaksanakan harus mampu menterjemahkan Program Kerja PKN yang sudah ada, demi terwujudnya Visi dan Misi PKN Samarinda  Kami bangga ketika Bidang Kerohanian, Sosial, UMKM, Pemuda dan Olah Raga, Kebudayaan dan lain-lain, sudah mulai terlihat aktivitasnya dengan hasil yang menyenangkan. Pengurus PKN jangan pernah sia-siakan kepercayaan yang telah diberikan oleh para orangtua kita dan warga asal Kepulauan Nias di Kota Samarinda.

Dalam Ibadah Penutupan yang dipimpin oleh Ev. Rosayang Waruwu, S.Th.yang didampingi oleh Ev.Hari Sunarbowo, S.Th.menasehatkan agar kata merdeka jangan diterjemahkan sebagai kebebasan yang tiada batas. Kita merdeka berarti kita diberikan kesempatan untuk membangun diri sendiri atau kelompok, tanpa tekanan dari pihak manapun. Namun demikian, kita juga harus mengingat bahwa ada orang atau kelompok yang lain di sekitar kita memiliki kebebasan yang sama. Itulah yang membuat kita tidak boleh bebas tanpa batas. Kita harus menjaga jangan sampai menabrak kebebasan orang lain. Kita harus menghadirkan kedamaian dan ketenteraman di tengah masyarakat di manapun warga PKN berada.

Di tengah undangan, terlihat Ketua  Dewan Penasehat PKN  Samarinda, Elisander  Hia S.Pd.Ketika media ini menanyakan ” Apa makna kehadiran PKN di tengah masyarakat Kota Samarinda? ” ELISANDER Hia, S.Pd. mengatakan bahwa Perkumpulan Keluarga Nias Samarinda, membina anggotanya agar menjadi warga Kota Samarinda yang menghadirkan damai, toleran dan bekerja keras untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, meningkatkan pendidikan dan ketrampilan, baik secara pribadi maupun kelompok. Suatu saat nanti mereka akan meraih peningkatan kesejahteraan keluarga masing-masing. Hidup sejahtera bukan berarti harus hidup dalam kemewahan dan kekayaan.

Proses Pembinaan bagi warga ini harus dijalani dengan tekun dan bijak oleh Pengurus PKN, meskipun lama dan tidak langsung terlihat hasilnya. Jika suatu saat kelak hal kesejahteraan itu tercapai, maka PKN telah berkontribusi membantu Pemerintah Kota Samarinda dalam meningkatkan kesejahteraan warganya yang damai, hidup jujur dan beretos kerja.

Baca Juga  Baznas Samarinda Salurkan Bantuan 178,5 Jt Kepada Warga Gg Rombong Kec.Samarinda Kota

Kegiatan Perayaan HUT KEMRI tahun 2023 akan dilaporkan Ketua PKN ke KESBANGPOL Kota Samarinda selaku instansi Pembina Ormas dan Paguyuban. Juga pada Pawai Pembangunan Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 di Samarinda, Pengurus PKN Samarinda hadir dalam barisan KESBANGPOL bersama Perwakilan Ormas dan Paguyuban lainnya.

Melihat semangat yang ditunjukkan oleh Perkumpulan Keluarga Nias Samarinda, maka Kepala Badan Kesbangpol Kota Samarinda, Wasis Sucipto, M.Si. pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 mengutus Pejabat dan Staf untuk berkunjung ke Sekretariat PKN Samarinda di Kelurahan Sempaja Utara, sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Pengurus PKN Samarinda.

Pejabat dan Staf dari Kesbangpol sebanyak 6 orang dipimpin oleh Fransiska Budiarti, Pejabat Analis Kebijakan, sementara itu, mereka disambut dengan hangat dalam semangat kekeluargaan oleh Iman Calvin Hia, A.Md. selaku Ketua PKN, didampingi oleh ELISANDER Hia, S.Pd. selaku Ketua Dewan Penasehat, IMRAN LA’IA selaku Pengawas dan belasan Pengurus PKN lainnya.

Ibu Fransiska Budiarti menyerahkan SURAT KETERANGAN TERDAFTAR (SKT) PKN, sebagai bukti bahwa PKN Samarinda telah diterima oleh Pemerintah Kota Samarinda sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang sah kehadirannya di Kota Samarinda.

Dalam sambutannya, Iman Calvin Hia, A.Md. mengucapkan terima kasih atas SKT yang baru diterima, semoga PKN Samarinda menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Kota dan Ormas yang ada di Samarinda.

Lebih lanjut Calvin menyampaikan bahwa PKN sedang merintis kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM PKN), untuk sementara berupa Jasa Payment dan Kuliner. Juga berupaya melestarikan Budaya Tradisional Nias melalui Sanggar Holi Turia. Sudah beberapa kali kami menampilkan Budaya Nias dalam berbagai moment di Samarinda. Misalnya: Tampil pada Rapat Kerja Nasional Perkebunan Sawit di Hotel Harris Samarinda, Tampil pada Pesta Budaya berbagai Suku di GPIB Eben Haezer Samarinda dan beberapa Penampilan pada Acara Pernikahan Adat Nias di Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan, bahkan pada setiap acara yang digelar oleh PKN Samarinda.

Baca Juga  Konfercab HMI Cabang Samarinda ke-38: Mitra Setiawan Terpilih Sebagai Ketua Umum Periode 2024-2025

Ketua Dewan Penasehat, ELISANDER Hia, S.Pd. juga menyampaikan sesungguhnya sudah banyak yang meminta agar PKN Samarinda berkenan membuka Cabang  di daerah mereka berdomisili, Namun mengingat bahwa perlu persiapan matang untuk memperluas kehadiran PKN, maka untuk sementara belum dapat kami tindaklanjuti. Untuk itu, rekan-rekan Pengurus PKN sedang mempelajari kemungkinan dibukanya Cabang di Kaltara, Berau dan sekitarnya, IKN Nusantara dan sekitarnya, bahkan ada yang meminta buka Cabang PKN di Jabodetabek. Semua usulan itu masih dalam proses dipelajari oleh Pengurus PKN.

Gayung bersambut, Ibu Fransiska Budiarti menyampaikan juga bahwa Apa yang telah dilakukan dan telah diprogramkan oleh PKN Samarinda sangat sejalan dengan keinginan Bapak Wali Kota Samarinda tentang keberadaan Ormas dan Paguyuban.
Bukan hanya disampaikan secara lisan, dalam Buku Tamu pun beliau mencatat bahwa PKN menjadi mitra baik Kesbangpol, Punya Program Kerja yang sangat baik, Pengurus antusias kerja dan ramah.*

Beliau juga mengarahkan agar PKN hendaknya UMKM menghadirkan jenis kuliner khas Nias untuk memperkaya kuliner Kota Samarinda sebagai kota tujuan wisata dan jasa. Demikian pula dengan Budaya Nias, suatu waktu nanti dapat ditampilkan pada agenda yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota, guna memberikan variasi pertunjukan budaya yang sudah ada selama ini.

Mengenai usulan beberapa daerah yang menginginkan PKN Samarinda membuka Cabang, Ibu Fransiska Budiarti menjelaskan bahwa Jika suatu saat nanti PKN berhasil membuka minimal 3 Cabang PKN, maka PKN Samarinda menjadi Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Semoga PKN Samarinda semakin sukses berkarya untuk Kota Samarinda untuk Bangsa Indonesia.

(Hms PKN)