Joni Ginting Serukan Kepada Generasi Milenial Agar Tidak Apatis Terhadap Politik

Komisi 1 DPRD Samarinda Joni Sinatra Ginting

SAMARNDA.NUSANTARA NEWS–Anggota Komisi I DPRD Kota Samarinda, Joni Sinatra Ginting menyerukan kepada generasi milenial untuk tidak apatis (masa bodoh) terhadap dunia politik.

Joni menyebut, pada Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang, sebanyak 33 persen pemilih merupakan berasal dari generasi muda.

“Tahun 2024 itu berdasarkan data yang kami peroleh jumlah pemilih dari kalangan milenial termasuk cukup besar. Ada sekitar 33 persen,” ungkap Joni, Senin (31/7/2023).

Untuk meningkatkan partisipasi politik kalangan milenial, Politisi Demokrat ini mendorong pihak terkait seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk terus melakukan sosialisasi secara masif, terutama sosialisasi secara digital.

Baca Juga  Tegakkan Konstitusi, DPW FKBPPPN Kaltim Minta Menpan RB Jalankan Amanat UU 23 Tahun 2014

Sebab, menurut Joni, sebagian besar generasi milenial senang menggunakan Gedged dalam setiap harinya.

“Jadi pihak penyelenggara Pemilu harus mensosialisasikan secara masif kepada generasi milenial. Ini tujuanya untuk memacu kesadaran Politik mereka (kaum milenial),” ujar Joni.

Selain itu, Joni juga menyarankan kepada seluruh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Samarinda untuk melakukan hal serupa.

Baca Juga  Lahan Warga Di Tenggarong Seberang Diserobot Perusahaan Tambang Batu Bara, Dinas ESDM Kaltim Diminta Turun Tangan

“Sistemnya sederhana saja, Bacaleg mulai saja kampanye menggunakan teknologi yang ada. Saya melihatnya bahwa Pemilih Pemula ini gampang-gampang susah, karena mereka lebih banyak dalam kesehariannya menggunakan gadget,” ungkapnya.

Dengan melakukan upaya tersebut, Joni meyakini keterlibatan generasi milenial dalam dunia politik juga akan semakin meningkat, terutama dalam setiap proses Pemilu dan Pilkada sebagai momentum pergantian kepemimpinan.

“Pemilih pemula memang harus dirangkul, masifkan sosialisasi, karena jangan sampai mereka tidak peduli dengan politik,” terangnya.

Baca Juga  Kebakaran Melanda Pemukiman di Jalan Dr.Sutomo Samarinda, Relawan Berjuang Selamatkan Korban

(Nng/Wanto)