Sosialisasi Program Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat 2024 di Kodam VI Mulawarman

SAMARINDA.nusantaranews.info–Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan) menggelar program Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2024 dengan mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) di wilayah Kodam VI Mulawarman.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari organisasi masyarakat, ASN, non-ASN maupun pegawai swasta, berlangsung di Aula Wirayudha Markas Komando Resort Militer 091/ASN Jalan Gajah Mada Samarinda pada Senin (20/05/2023).

Kolonel Artileri Medan Rudi Setiawan dari Kementerian Pertahanan RI menjelaskan, bahwa keterbatasan personel TNI dalam menjaga Keamanan Negara dapat terbantu dengan adanya Komcad. Dengan demikian, Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dalam kondisi aman dan kondusif.

Baca Juga  Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo Pimpin Upacara SertijabTiga Dandim

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga bahwa pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) 2024 telah resmi dibuka mulai 1 Mei hingga 7 Juni 2024. Program ini menargetkan 1.000 formasi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK.

Calon peserta yang memenuhi syarat berusia antara 18 hingga 35 tahun dan dapat mendaftar secara online melalui situs resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan). Persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh calon peserta meliputi KTP, Kartu Keluarga (KK), dan ijazah terakhir.

Baca Juga  Korem 091/ASN Laksanakan Ibadah Qurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Selain itu, calon peserta juga diwajibkan untuk memiliki surat izin dari instansi kerja atau kampus yang menyatakan persetujuan mengikuti pelatihan dasar militer selama tiga bulan penuh.

Untuk informasi lebih rinci mengenai pendaftaran, persyaratan, dan tahapan seleksi, calon peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemhan.

Program ini menawarkan kesempatan bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam memperkuat keamanan dan kedaulatan negara melalui partisipasi dalam Komponen Cadangan.

Penulis: Nng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *