Dewan Minta Pemerintah Masifkan Sosialisasi BLK Kepada Masyarakat

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Ananda Emira Moeis

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ananda Emira Moeis meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan seluruh stakeholder terkait untuk lebih masif melakukan sosialisasi Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat.

“Masih banyak masyarakat di Kaltim ini yang belum mengetahui BLK termasuk tujuannya untuk apa. Jadi harus disosialisasikan terus kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga bisa mengetahui dan mengikuti pelatihan kerja di sana (BLK),” ungkap Ananda Emira Moeis, Rabu (25/10/2023).

Politisi PDIP Kaltim ini menjelaskan bahwa, BLK merupakan salah satu fasilitas yang disediakan pemerintah untuk melakukan berbagai macam pelatihan kerja. Sehingga melalui pelatihan itu bisa menciptakan tenaga kerja unggul yang berdaya saing di dunia kerja maupun dunia usaha.

Baca Juga  Tingkatkan Kesejahteraan Umat: Persiapan Baznas Kaltim untuk 'Kaltim Berzakat' dan Distribusi Paket 'Ramadhan Bahagia'

Ananda meyakini bahwa melalui program pelatihan yang dilakukan akan memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat usia kerja atau yang berumur di atas 17 tahun.

“Itu akan memberikan kesempatan kepada masyarakat pencari kerja. Apalagi saat ini banyak persyaratan ketika masuk ke dunia kerja, seperti harus memiliki keterampilan, mampu bekerja sesuai target, memiliki pengalaman dan masih banyak lagi. Jadi kalau mengikuti pelatihan kan ada sertifikatnya ini memberikan pelatihan, nah ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat saat melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan,” sebutnya.

Baca Juga  Seno Aji : Prioritas Pembangunan Bendungan dan Embung Tersebar Luas Di Kaltim Penting Bagi Petani

Karena itu, ia berharap kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan lagi sosialisasi BLK kepada masyarakat. Kemudian masyarakat yang sudah mengetahui BLK bisa mengikuti pelatihan atau bisa saling memberi informasi kepada keluarga ataupun sahabat.

Menurut Legislator Dapil Kota Samarinda ini bahwa, BLK juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pekerja, serta mengurangi angka pengangguran.

“BLK itu memang khusus untuk memberikan pelatihan. Sekarang sudah banyak perusahaan melakukan perekrutan tenaga kerja, jadi para pencari kerja tentu harus memiliki keterampilan, sehingga bisa mengisi peluang yang ada,” terangnya. (Usm).