Wali Kota Denpasar Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi Nasional

Wali kota Denpasar, IGN Jaya Negara berhasil meraih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi secara nasional. Penghargaan tersebut diterimanya pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023 di Makassar bersama 10 kota lainya di Indonesia, Sabtu (29/4/2023).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian di Ajungan Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan. Penghargaan diberikan setelah melalui tahapan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023. Hasilnya Kota Denpasar berhasil menempati peringkat 5 besar secara nasional.

Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No.100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Evaluasi ini menghasilkan 3 provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota terbaik nasional

Baca Juga  Seno Aji Jelaskan terkait Bantuan Alsintan Petani Kab.Kukar

Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada gubernur, bupati dan wali kota yang telah bersungguh sungguh dalam penyelengggaraan pemerintahan di daerah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kota Denpasar sendiri menempati peringkat 5 untuk kota terbaik di Indonesia di bawah Semarang, Surabaya, Surakarta dan Kota Bogor. Selanjutnya di bawah Denpasar berturut turut Makassar, Serang, Tangerang, Medan dan Pare Pare.

“Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen untuk menyelenggarakan sistem kepemimpinan yang jujur, mengayomi dan adil,” kata Jaya Negara usai menerima penghargaan.

Selama ini sistem pemerintahan di Denpasar cukup mengalami banyak transformasi dan melakukan inovasi Dengan spirit Sewaka Dharma dan Vasudaiva Kutumbakam atau melayani adalah kewajiban serta Bergotong Royong dan Menyama Braya, pemerintahan Kota Denpasar terus semakin baik.

Baca Juga  Seno Aji : Akan Panggil Dahlan Iskan Terkait "Deviden" PT CFK Yang BelumTuntas

Kendati demikian, Jaya Negara menyebutkan penghargaan yang diterima harus menjadi pemantik bagi seluruh jajarannya untuk terus komitmen memajukan daerah.

Menurutnya, inovasi dan kreasi baik dalam bentuk kebijakan maupun segala bentuk output-nya terhadap daerah harus selalu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar. Saya berterimakasih kepada Kementerian Dalam Negeri karena sudah memberikan penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi secara Nasional pada saat Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023 di Makassar. Tentunya kedepanya ini merupakan suatu tantangan bagi Pemkot Denpasar untuk bisa terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi untuk kepentingan masyakarat Kota Denpasar,” tegasnya.