UINSI Samarinda Peringati Hari Santri Nasional

SAMARINDA.NUSANTARA NEWSPeringatan Hari Santri Nasional berlangsung meriah dihalaman Rektorat Universitas Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris UINSI Samarinda.

Dalam acara penuh keberkahan itu dihadiri Rektor, jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, panitia penyelenggara, mahasantri Ma’had Al Ajami’ ah beserta ribuan santri yang berasal dari beberapa pondok pesantren disekitar wilayah Samarinda hingga Kutai Kartanegara.

Rektor UINSI Samarinda Zurqoni mengungkapkan dalam merayakan hari Santri yang jatuh disetiap tanggal 22 Oktober setiap tahun, diharapkan para santri dapat lebih memfokuskan dirinya dalam menuntut ilmu agama, dan meningkatkan kemandirian dibidang ekonomi dan usaha.

Baca Juga  Rektor Unmul Abdunnur Monev Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK-SNBT 2023

Prihal serupa diungkapkan Koordinator Seksi Acara sekaligus selaku Sekretaris Ma’had Al Ajami’ ah, Muhammad Ihsanuddin Masdar menurutnya peringatan hari Santri ini menumbuhkan semangat juang para mahasantri untuk semangat menuntut ilmu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu terkait paradigma masyarakat, tentang pesantren merupakan tempat pendidikan anak- anak yang tidak semuanya baik atau Sholih, dalam hal ini pihak pesantren harus siap dalam memberikan pembinaan menuju perubahan akhlak yang lebih baik.

Baca Juga  Wakil Rektor Uinsi Prof Dr Zurqoni Paparkan Materi Pada Public Lecture di UNU

Dalam peringatan hari Santri ini UINSI menggelar sejumlah kegiatan yang dimulai sejak 22- 24 Oktober 2023, diantaranya kegiatan upacara, kegiatan kirab santri, talkshow yang bertemakan kemandirian pesantren melalui penguatan ekonomi dan menyiapkan santri dalam menghadapi dunia kerja di era 5.0, serta kegiatan ekspo kemandirian pesantren.

Pada momentum itu dilaksanakan pula penyerahan sertifikat penghargaan terhadap para mahasiswa berprestasi peserta B.U.A.F ke -6 di IAIN palangkaraya.

(Man)