SDN 007 Samarinda Ilir Adakan Gerakan Mendaur Ulang Sampah (Gemas) pada Peringatan Hari Literasi Nasional

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Beginilah suasana kreativitas mendaur ulang sampah dengan menggunakan bahan bekas yang dilakukan para siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri SDN 007 Samarinda Ilir, di Jalan Damai, Kelurahan Sidodamai, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa 5 September 2023.

Kegiatan yang di inisiasi Event Organizer Sinar Intan bekerjasama dengan SDN 007 Samarinda Ilir ini, dalam rangka memperingati hari Literasi Nasional tahun 2023, sekaligus merupakan kegiatan yang menyerukan gerakan mendaur ulang sampah Kota Samarinda atau Gemas yang telah dilaunching oleh Walikota Samarinda Andi Harun pada 09 maret lalu.

Baca Juga  UINSI Samarinda Peringati Hari Santri Nasional

Selain di ikuti para siswa siswi Sekolah Dasar, kegiatan ini turut melibatkan para orang tua, paguyuban sekolah sebagai bording parenting dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan dan menghasilkan prakarya yang bernilai ekonomis.

Kepala Sekolah SDN 007 Samarinda Ilir Merry Maulana menjelaskan kegiatan Gemas ini, merupakan bagian dari literasi dan edukasi terhadap lingkungan di sekolah, dengan memberdayakan sampah yang ada dilingkungan sekolah maupun yang ada di rumah,diubah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai.

Pimpinan E.O Sinar Intan, Henny Amiroeddin menyampaikan secara teknis prihal mendaur ulang sampah ini adalah kegiatan literasi dan berkreasi yang di sosialisasikan terhadap para orang tua murid, dengan menggunakan bahan produk lokal masyarakat Samarinda.

Baca Juga  Lomba Paduan Suara di SDN 007 Samarinda Ilir, Meriahkan HUT RI ke-78 Th

Dilain pihak, Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda Marsidah menyambut baik dan mendukung terhadap program daur ulang sampah yang dilaksanakan di lingkungan sekolah yang melibatkan orang tua, terlebih lagi hasil prakarya ini sangat memiliki nilai manfaat dan mampu mengurangi limbah.

Sebagaimana diketahui kegiatan literasi di SDN 007 Samarinda Ilir ini merupakan upaya dalam menuju Adiwiyata Nasional tingkat sekolah Sekolah Dasar.

Baca Juga  Rektor Unmul diWakili Prof.Dr Susilo Hadir jadi Pemateri Public Lecture di UNU

(Nng/bud)