Polresta Samarinda Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024


SAMARINDA.nusantaranews--Polresta Samarinda menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 pada Senin, 1 Juli 2024, di Lapangan Apel Mapolresta Samarinda. Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transportasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Dr. Ary Fadli, S.I.K., M.H., M.Si., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Komandan Upacara adalah Wakasat Lantas Polresta Samarinda, AKP Purwo Asmadi, S.H.

Hadir dalam upacara tersebut adalah Danramil Sungai Kunjang yang mewakili Dandim 0901 Samarinda, Mayor Cba. Priyono; Ketua Pengadilan Negeri Samarinda, Darius, S.H., M.H.; Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda, Firmansyah Subhan, S.H., M.H.; Kepala Rutan Kelas II Samarinda; Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda; Kepala Perwakilan Jasa Raharja Samarinda; Kepala Kantor Bea Cukai; Pimpinan TVRI Samarinda; PJU Polresta Samarinda; Bhayangkari Kota Samarinda; Tokoh Agama Kota Samarinda; Tokoh Masyarakat Kota Samarinda; Tokoh Adat Kota Samarinda; Purnawirawan Polresta Samarinda; Pimpinan Perguruan Tinggi Kota Samarinda; dan peserta upacara lainnya.

Baca Juga  Insiden Pembuangan Bayi di Loa Janan Ilir, Deni Minta Pemerintah Perkuat Sosialisasi Reproduksi Remaja

Peserta upacara terdiri dari berbagai satuan dan elemen masyarakat, termasuk TNI, anggota Samapta Polresta Samarinda, satu peleton Brimob Polda Kaltim Batalyon B, satu peleton gabungan staf Polresta Samarinda, serta kompi gabungan yang terdiri dari Sat Pol PP, BPBD, PMI, Jasa Raharja, Senkom, dan Saka Bhayangkara Kota Samarinda.

Rangkaian upacara dimulai dengan persiapan pasukan dan masuknya Komandan Upacara ke lapangan. Laporan perwira upacara kepada inspektur upacara, yang diikuti dengan lagu Mars Polri dan penghormatan pasukan, menjadi bagian awal dari acara. Setelah laporan Komandan Upacara, Kapolresta Samarinda melakukan pemeriksaan pasukan dan mengheningkan cipta.

Baca Juga  Baznas Samarinda Salurkan Bantuan 178,5 Jt Kepada Warga Gg Rombong Kec.Samarinda Kota

Pengucapan Tribrata dilanjutkan dengan pembacaan doa, lagu Hymne Polri, dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Penghormatan pasukan dan laporan perwira upacara menandai akhir dari rangkaian upacara, yang diakhiri dengan selesainya upacara secara resmi.

Kombespol Ary Fadli saat menjadi inspektur Upacara pada Hut Bhayangkara ke-78 Th

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Dr. Ary Fadli, S.I.K., M.H., M.Si., mengatakan bahwa upacara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap dedikasi dan kerja keras Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transportasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas,” diharapkan Polri dapat terus berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam menciptakan transportasi yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca Juga  BAZNAS Samarinda Adakan Khitanan Massal 500 Anak dan Pemberian Santunan 600 Anak

“Marilah kita jadikan peringatan Hari Bhayangkara ini sebagai momentum untuk introspeksi diri, memperkuat komitmen, dan terus berinovasi demi mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern, dan terpercaya,” tutup Kapolresta.

Penulis: Hms Polres Samarinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *