Pengurus Ikamba Kubar Resmi Dilantik, Ini Pesan Paulinus Dugis Untuk Pengurus Baru

Prosesi pelantikan pengurus Ikamba cabang Kutai Barat pada 30/09/2023 (Foto: Istimewa).

KUBAR.NUSANTARA NEWS- Ikatan Keluarga Besar Manggarai Barat Kalimantan Timur (Ikamba Kaltim) saat ini telah memiliki pengurus cabang di tingkat kabupaten/kota di Kaltim. Salah satu pengurus cabang Ikamba Kaltim yang sudah resmi terbentuk yakni di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dengan masa periode 2023-2028 (lima tahun).

Pada 30 September 2023, Pengurus Ikamba cabang Kubar yang dipimpin Titi Kardi dilantik langsung oleh ketua Ikamba Kaltim, Paulinus Dugis, SH., MH. Agenda pelantikan tersebut tampak ramai karena turut menampilkan pergelaran tarian caci khas Manggarai yang berlangsung selama tiga hari di Taman Budaya Sendawar (TBS).

Paulinus Dugis mengaku bangga dengan kesiapan semua pengurus dan panitia, karena acara pelantikan dan pergelaran tarian caci itu berjalan lancar, apalagi didukung dengan cuaca yang baik.

“Luar biasa persiapan panitianya, mereka sangat solid dan kompak dalam menyukseskan acara pelantikan ini. Cuacanya bagus, Ini berarti alam dan leluhur Kubar merestui semua tahapan acara ini,” kata Paulinus Dugis saat berbincang dengan wartawan media ini.

Menurut Paulinus, pembentukan pengurus Ikamba cabang Kubar ini tujuannya untuk memudahkan koordinasi di tingkat kabupaten/kota hingga ke pengurus provinsi. Apalagi jumlah warga Manggarai Barat khususnya yang berada di Kubar terus bertambah.

Baca Juga  Angkasa Jaya Undang Awak Media Ngopi Bareng

Karena itu, ia berharap dengan dilantiknya pengurus Ikamba cabang Kubar ini dapat menjadi wadah pemersatu bagi warga Manggarai Barat khususnya dan Manggarai umumnya yang berdomisili di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Saya harapkan pengurus Ikamba cabang Kubar yang dilantik ini bisa melaksanakan tugas organisasi dengan baik. Kemudian melaksanakan program kegiatan yang bisa melibatkan semua warga Ikamba Kubar. Ini penting, sehingga kerukunan yang sudah ada terus dijaga, termasuk juga mendukung program pemerintah daerah,” serunya.

Menghibur Warga Ikamba Kubar Dengan Lagu Kole Beo

Pada pelaksanaan pelantikan ini, Paulinus Dugis lantas menyanyikan lagu berjudul Kole Beo. Lagu tersebut dinyanyikannya sebelum dirinya menyampaikan kata sambutan di hadapan warga Ikamba dan tamu undangan yang hadir.

Menurut Paulinus, dirinya menyanyikan lagu tersebut dengan maksud untuk memberikan pesan penghibur bagi warga Manggarai di Kubar.

Diketahui, syair lagu Kole Beo yang dinyanyikan Paulinus Dugis itu memiliki pesan moral yang tinggi serta mengandung makna rasa rindu seorang perantau terhadap keluarga dan kampung halamannya. Sehingga ketika mendengarkan lagu tersebut, tak sedikit warga yang hadir menjatuhkan air mata, bahkan saling berpelukan satu dan lainnya.

Baca Juga  Angkasa Jaya Undang Awak Media Ngopi Bareng

“Banyak yang menangis saat saya menyanyikan lagu Kole Beo, ini tentunya sekaligus untuk menghibur mereka (warga Manggarai di Kubar) yang mungkin sudah lama merantau,” ucapnya.

Mengangkat H Abdul Rahman Agus Sebagai Dewan Kehormatan Ikamba Cabang Kubar

Pada pelaksanaan pelantikan tersebut, secara bersamaan juga mengangkat ketua dewan kehormatan Ikamba cabang Kubar, H Abdul Rahman Agus.

Ketua Ikamba Kubar Titi Kardi mengatakan bahwa, pengangkatan H Abdul Rahman Agus sebagai dewan kehormatan karena dia merupakan salah satu sosok cendekiawan, pemikir yang arif dan bijaksana serta mampu memberikan tauladan bagi warga Manggarai di Kubar pada umumnya.

“Jadi sebelum pelantikan pengurus Ikamba, kami terlebih dahulu melakukan prosesi pengangkatan dewan kehormatan Bapak H Abdul Rahman Agus. Ini juga sudah disepakati oleh semua pengurus,” sebutnya.

Pengangkatan dewan kehormatan tersebut juga mendapat dukungan positif dari ketua Ikamba Kaltim, Paulinus Dugis.

Menurutnya, pengangkatan dewan kehormatan sah-sah saja, bahkan hal ini telah diatur dalam AD/ART organisasi sesuai hasil Mubes pertama Ikamba Kaltim di Samarinda.

“Pengangkatan dewan kehormatan tentu sah-sah saja, walaupun yang bersangkutan di luar warga Manggarai, selama tokoh tersebut mampu berkontribusi secara nyata kepada warga manggarai ya kita dukung dan kita angkat jadi dewan kehormatan atau orang yang dituakan dalam organisasi,” imbuhnya.

Baca Juga  Budayawan Kutai Ari Danu Dorong Adanya Film Pendek Budaya Adat Kutai

Ikamba Kaltim Bakal Hadir di Semua Kabupaten/Kota se-Kaltim

Setelah pelantikan pengurus Ikamba cabang Kubar ini, target selanjutnya akan membentuk dan mengukuhkan pengurus Ikamba di beberapa kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Seperti Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara (Kukar) dan beberapa daerah lainnya.

Langkah tersebut dilakukan karena melihat jumlah warga Kaltim asal Manggarai Barat yang terus mengalami peningkatan setiap tahun.

“Target kita akan segera bentuk pengurus Ikamba di semua kabupaten/kota, karena ini juga sudah masuk dalam agenda organisasi kedepan,” tegasnya.

Penulis: Iswanto