Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Melayu Kutai: Menguatkan Kemampuan Pengajaran Bahasa Daerah

KUKAR.nusantara.news.info–Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Melayu Kutai. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 20 hingga 23 Mei 2024, di Hotel Grand Elty Singgasana, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat kemampuan guru dalam mengajarkan bahasa daerah Melayu Kutai. Selama pelatihan, para peserta mendapatkan berbagai materi dan metode pengajaran terbaru, serta kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama guru.

Dengan demikian, nantinya para guru dapat lebih efektif mengajarkan bahasa dan sastra daerah kepada siswa, menuju Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat nasional.

Baca Juga  UINSI Samarinda Peringati Hari Santri Nasional

Kepala Kantor Bahasa Kaltim, Halimi Hadibrata, yang hadir juga sebagai pemateri menjelaskan bahwa untuk memudahkan peserta dalam mempelajari penguasaan bahasa Melayu Kutai, Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur memberikan buku panduan tata bahasa dan kamus pelajar bahasa Kutai kepada 70 guru utama.

“Kami berharap nantinya buku yang sudah terbit dapat dicetak lebih banyak lagi dan ke depannya dapat dibuat dalam bentuk kamus digital,” terangnya.

Nikita Ayu Pratiwi, guru SMP Negeri 6 Sangatta, Kabupaten Kutai Timur mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini,dengan diberikannya buku panduan Kamus Bahasa Kutai dapat mempermudah pemahaman dan penggunaannya.

Baca Juga  Seno Aji Jelaskan terkait Bantuan Alsintan Petani Kab.Kukar

“Meskipun saya bukan suku asli Kutai, namun saya tetap semangat mengikuti pelatihan ini. Ilmu yang sudah saya serap akan digunakan sebagai bahan ajar kepada anak didik saya,”ucapnya.

Diketahui peserta pelatihan berasal dari Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan dibuka oleh Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Kukar, Akhmad Taufik.

Penulis: Nng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *