Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Reza Fachlevi, Gencar Lakukan Evaluasi Mendalam terhadap Sistem PPDB di Samarinda

Foto:istimewa/Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Pachlevi

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Akhmed Reza Fachlevi, tengah mengambil inisiatif untuk menyelidiki secara menyeluruh mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Benua Etam. Reza menegaskan pentingnya keadilan dan transparansi dalam sistem tersebut, tanpa memandang latar belakang atau dukungan tertentu.

Proses evaluasi, yang masih pada tahap awal, melibatkan pengumpulan laporan dari berbagai pihak terkait. Meskipun mengakui kekurangan dalam pedoman teknis PPDB, Reza menjamin kesiapan untuk memperbaiki sistem jika ditemukan kelemahan substansial.

Baca Juga  DPRD Minta Pemprov Kaltim Manfaatkan Lahan Kosong di eks Puskib Untuk Pembangunan

“Saat ini, kami masih menunggu laporan rinci mengenai PPDB. Namun, kami siap melakukan perbaikan jika ditemukan kekurangan yang substansial,” ungkap Reza.

Reza juga membuka kemungkinan untuk mempertimbangkan alternatif sistem PPDB. Jika perlu mengganti sistem yang ada, ia berharap agar yang baru lebih efektif dalam menjamin penerimaan siswa yang adil dan berdasarkan prestasi.

Baca Juga  Hasanuddin Mas'ud Dorong Pemerataan Guru dan Perbaikan Sarana Pendidikan di Kaltim

Dalam konteks ini, Reza mendukung pengembalian sistem ranking atau penggunaan nilai sebagai dasar seleksi peserta didik baru. Menurutnya, pendekatan ini lebih transparan dan adil dalam menentukan penerimaan calon siswa di berbagai sekolah.

“Saya mendukung ide pengembalian sistem seleksi konvensional, seperti menggunakan peringkat berdasarkan nilai,” tegas Reza.

(Bud)