Saat Menteri BUMN Erick Thohir Pilih Umrah di Tengah Dinamika Politik saat Lebaran

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci selepas Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Erick umrah bersama dengan keluarganya di tengah dinamika politik menjelang Pemilu 2024. 

“Alhamdulillah ibadah umrah bersama keluarga telah dilaksanakan. Seperti rindu yang tidak pernah tuntas, berat rasanya meninggalkan tanah suci,” ujar Erick dalam unggahan Instagram pribadinya dikutip Selasa (2/5/2023).

Erick berharap bisa kembali lagi ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah umrah. Selama di Arab Saudi, Erick mengaku bertemu sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang juga melaksanakan umrah.

“Ibadah di Madinah bertemu banyak saudara se-Tanah Air, saya banyak berbincang dengan jemaah dari berbagai kota. Semoga pertemuan ini menandakan kebaikan,” kata dia.

Baca Juga  Subandi Kepada Abdul khairin : Resmi PAW Agar Dapat Mengemban Amanah dan Cepat Baradaptasi

Erick memilih menjauh dari hiruk pikuk politik yang mulai menggeliat sepanjang pekan pertama Idul Fitri. Diketahui PDIP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 sehari sebelum Lebaran.

Kemudian sejumlah tokoh juga saling bersilaturahmi. Seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menyambangi rumah Presiden Joko Widodo di Solo. Kemudian Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang berlebaran ke rumah Prabowo.

2 dari 2 halaman


Silaturahmi Jokowi dan Megawati

Selain itu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi juga bersilaturahmi ke rumah Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga  Makmur HAPK Pilih Partai Gerindra Jadi Perahu Untuk Maju ke Pileg 2024

Tak hanya itu PPP juga mendeklarasikan Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024. Beberapa partai politik yang telah membentuk koalisi, seperti Golkar, PAN, dan PPP atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pun menggelar pertemuan di rumah Airlangga.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan rombongan turut bersilaturahmi ke rumah Prabowo.

Selepas umrah, Erick lantas menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Jumat, 28 April 2023.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan Jokowi memanggil Erick untuk melaporkan perkembangan sepak bola di Indonesia.

“Tadi Pak Erick lapor kepada Bapak Presiden terkait perkembangan sepak bola di Tanah Air. Pak Erick baru hari ini ketemu Bapak Presiden karena baru kembali dari umrah,” kata Bey.