Korem 091/ASN Berantas Penyebaran Nyamuk Demam Berdarah Adakan Fogging Lingkungan Kantor

SAMARINDA — Guna untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti, Satuan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) dan Denkesyah (Detasemen Kesehatan Wilayah) yang juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan  Samarinda melakukan pengasapan (fogging) secara serentak di seluruh perkantoran dan perumahan asrama Tipe K, Jl. Awang Long Kel. Bugis Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (15/6/2023).

Dandenkesyah 091/ASN Letkol Ckm Suwandi mengatakan, fogging dilakukan bertujuan memberantas sarang nyamuk dan jentik nyamuk aedes aegepty (DBD) di lingkungan perkantoran dan asrama TNI wilayah korem 091/ASN Termasuk parit dan rumah warga yang ada di seputaran Korem 091/ASN.

Baca Juga  Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Dampingi Petugas Berikan Layanan Posyandu

“Karena itu perlu dilakukan penyemprotan, apa lagi daerah Samarinda sekitarnya sering terjadi hujan dan selalu kebanjiran sehingga khawatir Prajurit dan PNS serta keluarganya terjangkit DBD yang berkembang biak dalam genangan air,”ungkapnya

Selain fogging , dirinya juga meminta anggotanya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan rumah masing-masing, serta pola hidup sehat dan bersih.

Baca Juga  Korem 091/ASN Laksanakan Pembentangan Bendera Raksasa di IKN Pada HUT RI ke-78 Th

“Hal ini tentunya untuk mencegah berkembangnya nyamuk yang membawa penyakit bagimanusia, sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati,” tuturnya.

Lanjut Letkol ckm Suwandi  Fogging sebenarnya kurang efktif apabila tidak ditindaklanjuti dengan Gerakan 3M, mencegah lebih Efektif dari pada Mengobati atau Memberantas, mengajak untuk menggalakkan kembali Gerakan 3 M di Wilayahnya.

(Nng/Sumber Penrem 091/ASN