Komisi II DPRD Kaltim Gelar RDP Bersama Disperindagkop, Bahas Pengembangan Koperasi

Komisi II saat melaksanakan RDP bersama Disperindagkop Kaltim.

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Komisi II DPRD Kalimantan Timur melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) membahas berbagai isu dan aspirasi terkait dengan pengembangan koperasi di Kaltim bertempat di Gedung E Kantor DPRD Kaltim, Jumat (03/11/2023).

“Koperasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, serta mendukung pembangunan daerah,” kata Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono kepada wartawan.

Ia mengapresiasi perkembangan dan inovasi koperasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang terus berkontribusi dalam berbagai sektor ekonomi. Koperasi di Kaltim memiliki berbagai jenis usaha, seperti koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, dan koperasi simpan pinjam.

Baca Juga  Seno Aji Ikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-78 Th di Gor Gelora Kadrie Oening

Nidya juga melihat pemerintah provinsi terus memberikan dukungan dan fasilitas kepada koperasi di Kaltim.

Beberapa upaya yang dilakukan adalah memberikan bantuan modal usaha, bantuan sarana dan prasarana usaha, bantuan peralatan usaha, bantuan binaan manajemen usaha, bantuan sertifikat halal produk usaha, bantuan promosi produk usaha melalui pameran dan media sosial, serta bantuan pembinaan SDM koperasi melalui pelatihan dan pendidikan.

“Kami juga mengharapkan agar koperasi di Kaltim dapat terus meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya agar dapat bersaing di era globalisasi,” tutur Nidya.

Pihaknya juga mengajak agar koperasi di Kaltim dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, seperti pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan (litbang), asosiasi usaha, dan lain-lain, untuk menciptakan sinergi dan inovasi dalam mengembangkan usaha koperasi.

Baca Juga  Romadhony Apresiasi Capaian Program RLH Dari Pemprov Kaltim

“Koperasi adalah salah satu pilar ekonomi bangsa yang harus dijaga dan dikembangkan. Koperasi memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan memperkuat ketahanan ekonomi,” papar Nidya.

Dikemukakannya, koperasi juga memiliki nilai-nilai luhur yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, yaitu gotong royong, kekeluargaan, kemandirian, dan demokrasi.

Dalam RDP tersebut, Komisi II DPRD Kaltim belum bisa mengupas perkembangan koperasi secara detail disebabkan Kepala Dinas dan beberapa kepala bidang berhalangan hadir, sehingga pertemuan tersebut akan dijadwalkan ulang.

Baca Juga  Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi Minta Standar K3 Pekerja Ditingkatkan

“Mari kita bersama-sama membangun koperasi yang sehat, kuat, dan berdaya saing di Kaltim,” serunya. (Usm).