DPRD Kaltim Menyambut Baik Program Rumah Layak Huni Pemprov yang Sukses Meningkatkan Kesejahteraan

Foto: Istimewa/Anggota Komisi III DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Timur Romadhony Putra Pratama, , memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kaltim atas keberhasilan program Rumah Layak Huni (RLH) yang telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Romadhony menyatakan bahwa kepemilikan rumah layak huni memiliki dampak positif, terutama bagi keluarga pra-sejahtera di Kaltim, dengan standar minimal 36 meter persegi, ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan toilet.

Meskipun awalnya terdapat keluhan terkait kualitas bahan bangunan, Romadhony mengakui adanya perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan program RLH. Dia berharap Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) serta Dinas PUPR Kaltim terus memperhatikan dan meningkatkan kualitas bahan bangunan.

Baca Juga  Seno Aji Serap Aspirasi Masyarakat Di Wilayah Hulu Kukar

Romadhony juga mengapresiasi keterlibatan perusahaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung program RLH. Menurutnya, peran aktif perusahaan dalam pembangunan daerah merupakan langkah penting yang harus terus didorong oleh pemerintah provinsi.

Dalam harapannya, Romadhony menginginkan agar masyarakat prasejahtera di Samarinda dapat merasakan peningkatan kualitas hidup yang lebih baik melalui program RLH. Program ini tidak hanya memberikan rumah, tetapi juga mendukung pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan dan fasilitas sanitasi.

Baca Juga  Seno Aji Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas Pangan Lokal

Dari laporan Dinas PUPR-Kaltim, target pembangunan 25 ribu unit RLH sejak 2019 hingga 2023 telah terlampaui dengan realisasi mencapai 25.539 unit. Keberhasilan ini turut didukung oleh kontribusi dana CSR dari berbagai perusahaan, menegaskan bahwa program RLH telah menjadi langkah efektif Pemerintah Provinsi Kaltim untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. ( m@n)