DPRD Dorong Pelaku UMKM di Kaltim Lakukan Transformasi, Ini Tujuanya

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Rusman Yaqub.

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Yaqub mendorong transformasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kaltim sehingga diharapkan bisa menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami berharap peringatan UMKM menjadi pencetus inovasi para pelaku UMKM di Kaltim. Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif,” kata Rusman Yaqub.

Baca Juga  Hamas Minta Pemerintah Masifkan Sosialisasi Program Pemberdayaan UMKM

Rusman menyebutkan bahwa, transformasi UMKM di masa depan harus memperhatikan beberapa aspek penting, seperti sertifikasi produk, manajemen pemasaran dan transportasi.

“Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ujarnya.

Politikus PPP ini mengatakan bahwa, salah satu upaya untuk mendorong transformasi UMKM yakni dari sisi manajemen pemasaran. Tujuannya, kegiatan promosi produk dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Baca Juga  Agiel Suwarno Ingatkan Masyarakat dan Perusahaan Taat Bayar Pajak Kendaraan

“Aspek transportasi itu juga penting, agar UMKM bisa mengirimkan produk mereka dengan cepat dan murah,” katanya.

Rusman mengapresiasi kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang telah melakukan berbagai program pembinaan dan bantuan bagi UMKM.

“Saya berharap pelaku UMKM Kaltim bisa mengambil peluang dari penyelenggaraan hajatan nasional seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025,” sebutnya.

(Usm/Adv)