Unmul Samarinda Menampung 2.644 Kursi Pada UNBK-SNBT 2023

 

SAMARINDA, Universitas Mulawarman masih menjadi Universitas Negeri yang terfavorit di Kaltim, terbukti masih banyak calon Mahasiswa yang berasal dari lokal maupun luar daerah yang tertarik untuk mendaftar ke Universitas satu ini, terlihat disaat Unmul mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) ditahun 2023 ini pada Senin (08/5/23).

Rektor Unmul Abdunnur mengungkapkan setiap ruangan di awasi oleh dua orang pengawas dalam mangawasi calon mahasiswa yang ikut ujian, memastikan seluruh ujian dilaksanakan secara adil dan tersistem dari pusat.

“Bakal ada sekretariat yang mengontrol tiap ruangan ujian dan menempatkan pengawas. Itu cara kami bagaimana melakukan pencegahan terhadap kecurangan-kecurangan di pelaksanaan UTBK,” ungkapnya.

Baca Juga  Rektor Unmul Abdunnur Monev Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK-SNBT 2023

Wakil Rektor Bidang Akademik, Lambang Subagiyo menjelaskan, daya tampung Unmul untuk UNBK-SNBT 2023 ini mencapai 2.644, peserta yang memilih Unmul di pilihan 1 mencapai 9.358 dan pilihan 2 ada 9.249. Total jumlah peminat keseluruhan mencapai 18.607.

“Kalau nilai itu nanti langsung dari pusat, yang menentukan kelulusan juga dari pusat, nanti akan diskoring di pilihan pertama, kemudian kalau tidak masuk, akan diskoring di pilihan kedua,” terang Lambang.
UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Unmul, Hamdani, juga menjelaskan infrastruktur jaringan selama UTBK dipastikan berjalan dengan baik.

Baca Juga  Halal Bihalal dan Peresmian Gedung Sekretariat IKA SMANSA Samarinda

“Kami sudah bersurat ke provider Telkom permasalahan kelistrikan dan kami juga ada bersurat ke PLN, jadi kami yakin pelaksanaannya akan berjalan dengan baik 100 persen,” jelas Hamdani.

Waktu ujian di laksanakan selama 2 sesi dalam 1 hari yakni saat pagi dan siang hari, dalam mengantisipasi mati listrik, pihaknya juga sudah menyediakan genset di setiap tempat UNBK.

“Kalau misalnya tiba-tiba listrik padam hingga terjadi internet mati, kami tidak khawatir karena sudah menyediakan genset sehingga masih bisa nyambung, tanpa harus mengulang dari awal,” tambahnya. (Nng)

Baca Juga  Lomba Paduan Suara di SDN 007 Samarinda Ilir, Meriahkan HUT RI ke-78 Th