Puji Setyowati Sebut Peran UKS di Setiap Sekolah Sangat Penting

 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati (Foto: Usman).

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati mendorong semua sekolah di Kaltim untuk memperhatikan kondisi ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Menurut Puji, peran UKS dalam dunia pendidikan sangat penting, terutama dalam hal penolongan pertama bagi siswa maupun siswi yang sakit pada saat jam aktif belajar di sekolah.

“Komponen UKS itu bagian yang tak kalah penting dalam menunjang sektor Pendidikan. UKS berfungsi sebagai penolongan pertama bagi siswa dan siswi selama di sekolah. Karena mereka jauh dari tempat tinggalnya, sehingga diharapkan UKS dapat menjadi tempat untuk mereka beristirahat atau mendapatkan penanganan seperti ada yang sakit,” kata Puji Setyowati, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga  Udin Minta Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Destructive Fishing di Berau

Puji berpendapat bahwa, UKS seharusnya dapat bekerja sama dengan Puskesmas di wilayah sekolah berada, sehingga apabila kondisi siswa dan siswi yang dikira perlu mendapatkan penanganan dari tenaga profesional, maka tenaga kesehatan Puskesmas setempat lah yang bertanggung jawab akan hal itu.

“Sehingga dokter bisa sewaktu-waktu dipanggil atau kerja sama dengan pola penjadwalan rutin kunjungan ke UKS,” ujarnya.

Ruang UKS di setiap sekolah, kata Puji, sebenarnya tidak diperuntukkan bagi siswa maupun guru di sekolah. Melainkan bisa dimanfaatkan masyarakat yang tinggal di sekeliling fasilitas pendidikan tersebut untuk mendapatkan penanganan dasar, apabila jalinan kerja sama yang dimaksud telah dilakukan.

Baca Juga  Seno Aji Beri Ucapan Selamat Kepada Dua Anggota DPRD Kaltim Yang Baru Dilantik Hasil PAW

“Karena standar UKS sudah seperti standar kesehatan, dilengkapi dengan peralatan kesehatan, jadi diperbolehkan (untuk melayani masyarakat sekitar sekolah),” sebutnya.

Meski dibolehkan untuk melayani masyarakat di sekitar sekolah. Namun jam operasionalnya tentu saja akan disesuaikan dengan jam aktif belajar sekolah, sehingga tidak sama dengan jam operasional di fasilitas kesehatan pada umumnya, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

Baca Juga  Nidya Listyono Serahkan Laporan Hasil Reses Gabungan Dewan Dari Dapil Kota Samarinda

“Kita harapkan pihak sekolah betul-betul mengoptimalkan peran UKS. Bila perlu pihak sekolah kerjasama dengan Puskesmas, sehingga proses pelayanannya bisa lebih optimal,” serunya. (Usm)