Pendorong Terjadinya Globalisasi yaitu Adanya Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan di bidang teknologi. Globalisasi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal. Faktor internal disebabkan karena dorongan dari dalam negara sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena pengaruh dari negara lain atau perkembangan dunia luar. 

Globalisasi adalah kata serapan dari Globalization. Secara bahasa, global memiliki arti mendunia, sedangkan –ization memiliki makna merujuk kepada suatu proses. Jadi globalisasi secara bahasa dapat juga diartikan sebagai suatu proses yang mendunia.

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Faktor pendorong globalisasi dipengaruhi oleh berbagai perkembangan yang terjadi di suatu negara maupun di dunia internasional. Hal ini dapat berpengaruh pada keseluruhan manusia yang berada di suatu wilayah, bahkan di seluruh dunia.

BerikuLiputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/4/2023) tentang pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2 dari 5 halaman


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi salah satu pendorong terjadinya globalisasi. Perkembangan pesat yang dialami oleh ilmu pengetahuan dan teknologi akan menciptakan berbagai inovasi yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari setiap orang.

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan IPTEK. Berbagai teknologi canggih seperti alat komunikasi dan transportasi serba modern adalah hasil dari globalisasi karena perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor pendorong globalisasi yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari di tiap belahan dunia.

Baca Juga  Rekomendasi CCTV Murah, Rumah Anti Maling saat Libur Lebaran!

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangna teknologi ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Jadi, pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan di bidang pengetahuan dan teknologi.

3 dari 5 halaman


Faktor Pendorong Globalisasi Lainnya

Perdagangan Bebas

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan IPTEK, selain itu masih banyak faktor yang menyebabkan terjadinya fenomena ini. Salah satu faktor pendorong globalisasi eksternal adalah perdagangan bebas. Perdagangan bebas ini merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi.

Hal ini terjadi karena mayoritas negara-negara di dunia saat ini menerapkan sistem ekonomi terbuka. Sehingga dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya. Hal ini menuntut adanya komunikasi yang semakin intensif antar negara-negara di dunia.

Perkembangan Cara Berpikir Pendidikan Masyarakat

Masih seputar ilmu pengetahuan, faktor penyebab globalisasi secara internal yaitu perkembangan cara berpikir dan pendidikan masyarakat. Hal ini membuat masyarakat semakin kritis terhadap berbagai informasi dan perkembangan dunia. Masyarakat yang semakin ingin tahu perkembangan informasi, sehingga berbagai keadaan dunia mudah diketahui oleh masyarakat. Hal ini tentunya masih berkaitan dengan pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan IPTEK.

Kerjasama Atau Hubungan Antar Negara

Faktor penyebab globalisasi yang tak kalah penting adalah kerjasama atau hubungan antar negara. Contohnya saja indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik itu hubungan bilateral, multilateral maupun internasional. Tentunya globalisasi dengan segala perkembangannya semakin memudahkan suatu negara bekerjasama dengan negara lain.

Baca Juga  Punya Keterampilan Teknologi Berikut Bisa Bantu Gaji Naik, Begini Caranya

Ketergantungan Terhadap Negara Lain

Faktor penyebab globalisasi satu ini biasanya dialami oleh negara berkembang. Negara yang berkembang sangat membutuhkan barang-barang dan jasa dari negara maju untuk membangun negerinya. Demikian pula negara-negara maju perlu menjalin hubungan komunikasi dengan negara-negara lain guna mengekspor produk atau barang-barangnya.

4 dari 5 halaman


Kemudahaan Migrasi

Faktor pendorong globalisasi berikutnya yaitu kemudahan migrasi. Banyak orang sekarang ini bermigrasi dari suatu negara ke negara lain untuk berbagai keperluan, seperti menuntut ilmu, bekerja, berwisata, dan lain sebagainya.

Kemudahan migrasi ini membuat orang-orang yang berada dalam suatu wilayah sudah terbiasa dengan adanya pendatang dari daerah lain. Contoh terdekatnya adalah Bali yang tidak pernah henti dikunjungi sebagai tempat wisata oleh turis mancanegara.

Peran Lembaga Internasional

Peran lembaga internasional seperti PBB, IMF, WHO, ASEAN, WTO dan lembaga-lembaga internasional lainnya membuka peluang bagi setiap negara untuk duduk bersama untuk membahas masalah-masalah negara maupun perkembangan internasional. Hal ini juga bisa menjadi faktor penyebab globalisasi, yang penting selain pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan IPTEK.

Perkembangan HAM

Faktor penyebab globalisasi berikutnya adalah perkembangan HAM di berbagai belahan negara di dunia. Perkembangan Hak Asasi Manusia (HAM) menuntut kepedulian masyarakat internasional untuk turut memengaruhi upaya perlindungan maupun penegakan HAM. Hal ini juga bisa dilihat dari permasalahan HAM yang masih cukup sering terjadi di Indonesia.

Baca Juga  7 Prediksi Tren Kecerdasan Buatan 2023, dari AI Generatif hingga Adaptif

Kebebasan Pers atau Media

Faktor penyebab globalisasi selanjutnya adalah kebebasan pers atau media. Kebebasan pers atu media sangat berperan penting dalam era globalisasi. Hal ini disebabkan karena pers atau media merupakan penghubung antara sebuah negara dengan masyarakatnya ataupun antara negara dengan negara lainnya.

5 dari 5 halaman


Dampak Globalisasi

Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan IPTEK. Globalisasi juga dapat menimbulkan berbagai dampak, baik itu positif maupun negatif. Berikut beberapa dampak globalisasi bagi kehidupan masyarakat:

Dampak Positif Globalisasi

– Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan kehidupan.

– Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

– Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat.

Dampak Negatif Globalisasi

– Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.

– Mudahnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.

– Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara

– Maraknya penyelundupan barang-barang illegal

Dampak globalisasi memang bisa dirasakan dari berbagai bidang. Globalisasi juga memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan lainnya, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan lain-lain.