Pemprov Kaltim Peringati Hari Lahirnya Pancasila Kasrem 091/ ASN Turut Hadir

Foto penrem

SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menggelar Upacara meperingati Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur di Jalan Gajah Mada Kalurahan Bugis pada Kamis ( 1/6/2023)

Dengan mengusung tema, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kegiatan upacara di hadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H. Hadi Mulyadi, Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Dendi Suryadi diwakili Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.Ip, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ari Fadly, Danpos AL, Kpt Laut (P) Imam, Kadis Potdriga, Letkol Adm Drs. Suardi, Asisten Pengawasan Kejati Kaltim, Sigit J Pribadi, Sekwan Nurhayati US, M.Si., Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kusuma, Kabid Ideologi Wasbang Kesbangpol Prov. Kaltim Fatimah Wati, Pengadilan Tinggi Agama, peserta upacara dan tamu undangan lainnya.

Tercatat dalam sejarah bangsa Bung Karno Proklamator Kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, merenungkan, menggali dan merumuskan Pancasila dalam sidang Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI), yang menjadi lambang dan dasar negara mewariskannya kepada bangsa ini.

Baca Juga  Dandim 0901/Smd Tinjau Kebun Ketahanan Pangan Wilayah

” Saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada, khususnya Kaltim untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. Ucap Gubernur Isran Noor dalam penyampaian amanat nya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kaltim ini menyampaikan pula terkait Sejarah bangsa ini, bahwa telah membuktikan atas petunjuk Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila adalah idiologi bangsa dan negara yang tetap berdiri kokoh dari berbagai gangguan dan rongrongan yang ingin mengubah pancasila, menjadi kewajiban kita semua untuk mengamalkan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kepada jajaran birokrasi implementasikanlah Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, sehingga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa, sebagai bentuk syukur atas apa yang telah ditinggalkan oleh pendahulu kita” Tegasnya.

Saat ini dunia sedang menghadapi gejolak ekonomi, terutama terkait krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan, termasuk perang Rusia dan Ukraina yang belum tahu kapan berakhir. Sebagai anggota G-20, kita mengajak seluruh negara maju bergotong-royong menciptakan kehidupan umat manusia yang lebih baik sebagai upaya bersama dalam menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, berperikemanusiaan dan berperikeadilan.

Baca Juga  Kemhan Sosialisasikan Rekrutmen Komcad di Lingkungan Mahasiswa

Seiring dengan berpindahnya Ibu Kota Negara ke Kaltim, mulai sekarang warga Benua Etam harus mempersiapkan diri karena hal ini menjadi fokus perhatian sebagai warga negara terdepan dalam kehidupan dan peradaban dunia.

” Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin dan tokoh Ormas, dan pemimpin lainnya menjadi teladan serta contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila” Harapnya.

Menyongsong Pemilu Serentak 2024, konstalasi politik kian menghangat sebagai imbas perbedaan pendapat dan dukungan, tapi yakinlah selama pancasila kita pegang teguh sebagai falsafah hidup bangsa, insyaallah kita akan melewati perhelatan demokrasi bangsa ini dengan baik.

Baca Juga  Kasi Intel Kasrem 091/ASN: Perang Melawan Narkoba Bukan Hanya Tugas Aparat Keamanan, Tetapi Tanggung Jawab Kita Bersama

“Sebagaimana yang telah ditunjukan Rakyat Indonesia dan Kaltim, dengan kedewasaan politik, mampu menerima kekalahan dan tidak jumawa ketika memenangkan pertarungan, baik tingkat daerah maupun nasional, mari kita bergerak dan aktif untuk selalu memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, sebagai cita-cita Proklamasi Kemerdekaan, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhai perjuangan kita”, pungkasya.( Penrem 091-ASN/ Nng)