Kader Ulama dari Yaman Asal Samarinda Tiba di Tanah Air

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS – Setelah menimba pendidikan Agama selama satu tahun di Kota Tarim, Hadramaut Yaman tepatnya di Negara Jazirah Arab bagian selatan. Sebanyak 50 orang kader ulama di Kota Samarinda yang diberangkatkan pada 26 Mei 2022 lalu tiba di Jakarta dengan selamat pada Senin 21 Agustus 2023.

Hadirnya para ulama muda ini, sebagai upaya pemerintah Kota Samarinda dalam mewujudkan Kota yang bernuansa religius.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Samarinda Komarul Zaman menyampaikan 50 kader ulama yang diberangkatkan ini, telah menimba ilmu agama di Yaman yang di kenal sebagai Negara pencetak para Ulama.

Baca Juga  Baznas dan Kemenag Samarinda Kolaborasi Luncurkan Kampung Zakat di Muang Dalam

Namun demikian dari 50 ulama muda 9 orang diantaranya masih melanjutkan pendidikannya secara mandiri, untuk biaya kepulangannya masih di tanggung oleh Pemerintah Kota Samarinda.

Setelah dilakukan evaluasi, akibat tingginya biaya transportasi di negara timur ltengah, membuat masa penempuhan ilmu agama di negara timur tengah itu akan di perpanjang dari 1 tahun menjadi 2 Hingga 3 tahun dan ini tentunya akan diperuntukkan bagi kader ulama yang mengikuti seleksi di tahun mendatang.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus DPC Rabithah Alawiyah 3 Kabupaten Kota Di Kaltim

Kabag Kesra Komarul Zaman menambahkan, kader ulama ini merupakan tahap ketiga yang dimulai sejak tahun 2019,terkait penjaringan Kader Ulama ditahun mendatang akan lebih diperketat kembali.

Pengkaderan ulama ini merupakan program dari pemerintah Kota Samarinda melalui bidang Kesejahteraan Rakyat.

Diharapkan, para santri yang sudah menimba Ilmu di Yaman dapat mengembangkan ilmunya dengan membawa dakwah yang penuh kesejukan didalam masyarakat.

Baca Juga  Usai Kegiatan Reses, DPRD Samarinda Gelar Rapat Paripurna

(Nng/Bud)