5 Kebiasaan Sarapan yang Sebenarnya Buruk Bagi Kesehatan

Sarapan menjadi salah satu kebiasaan yang sebisa mungkin tidak kamu lewatkan karena bisa membantu tubuh lebih berenergi, sehingga nantinya dapat menjalani aktivitas secara maksimal. Meski begitu, sarapan ternyata tidak semata-mata menjadi jaminan tubuh bisa selalu sehat loh!

Hal ini karena ada sejumlah kebiasaan sarapan yang justru dinilai dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Eat This, berikut kebiasaan yang dimaksud. Yuk cek kira-kira kamu masih sering lakukan nggak nih?

1. Melewatkan Air Putih

Tidur berjam-jam pada malam hari membuat tubuh rentang mengalami dehidrasi saat bangun tidur. Sayangnya, tak sedikit orang yang sering lupa mengonsumsi air putih saat pagi hari. Dalam hal ini, banyak orang yang justru langsung memulai sarapan dengan secangkir kopi.

Meski bukan hal yang sepenuhnya salah, tapi ada baiknya kamu mengawali hari dengan mengonsumsi air putih lebih dahulu. Selain untuk meningkatkan metabolisme dan memberi dorongan energi, minum air putih menurut studi juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga  Cara Tambah Peserta Baru BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi JKN Mobile, Mudah dan Praktis!

Hal tersebut karena sarapan yang diawali dengan konsumsi air putih dapat membuat kamu makan dalam porsi lebih sedikit, lantaran air putih bisa menimbulkan efek kenyang yang lebih cepat.

2. Sarapan dengan Banyak Gula

Sarapan sepertinya memang terasa kurang lengkap jika tak ada secangkir kopi atau teh, ya. Namun, perlu diperhatikan bahwa penambahan gula pada kopi maupun teh sebisa mungkin tidak terlalu berlebihan.

Alih-alih ingin membuat sarapan semakin nikmat, konsumsi gula berlebih justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Mulai dari lonjakan gula darah hingga kenaikan berat badan disebabkan kandungan kalori yang tinggi pada minuman manis.

3. Mengonsumsi Oatmeal dan Yoghurt

Oatmeal, yoghurt, hingga sereal termasuk menu sarapan simpel yang dianggap sehat oleh banyak orang. Meski itu memang benar, tapi perlu kamu ketahui bahwa tak semua oatmeal dan yoghurt baik untuk dikonsumsi. Beberapa jenis oatmeal, yoghurt, dan sereal mengandung gula tambahan yang tinggi.

Baca Juga  Gejala Jika Kekurangan Vitamin "D"

Di satu sisi hal ini memang akan membuat rasanya semakin nikmat, tapi di sisi lain juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Maka, jika kamu memang ingin menu sarapan yang sehat, upayakan memilih oatmeal dan yoghurt tawar. Adapun rasa manisnya bisa kamu peroleh dengan menambahkan sejumlah buah-buahan.

4. Melupakan Sayuran

Kebiasaan sarapan lainnya yang juga buruk bagi kesehatan adalah melupakan konsumsi sayur. Saat sarapan, orang-orang umumnya lebih cenderung fokus terhadap buah-buahan dan mengabaikan sayuran. Padahal sayuran memiliki beragam nutrisi seperti vitamin, serat, antioksidan, hingga mineral yang memberikan banyak hal positif bagi tubuh.

Oleh karena itu, sebisa mungkin sayuran tidak hanya kamu konsumsi saat makan siang atau malam saja melainkan juga perlu ditambahkan di menu sarapan. Kamu bisa membuat sarapan simpel seperti omlette sayur ataupun menambahkan sayur pada smoothies buatanmu.

Baca Juga  Dinas PKH Berikan Vaksin Rabies Gratis

5. Sarapan dengan Porsi Besar

Sebagian orang memilih sarapan dengan porsi yang cukup besar dengan harapan tubuhnya bisa lebih berenergi. Faktanya, mengonsumsi banyak makanan khususnya yang mengandung karbohidrat dapat menyebabkan gula darah naik dan membuat kamu justru akan lebih mudah untuk merasa lapar kembali.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatur porsi sarapan. Menunya tidak perlu banyak dan porsinya juga tidak harus dalam jumlah besar. Perkirakan saja jumlah yang sekiranya sudah bisa membuatmu cukup berenergi.

Itulah sejumlah kebiasaan sarapan yang sebenarnya buruk bagi kesehatan. (*net)