Samsun Desak CV Prima Mandiri Tuntaskan Perbaikan Jalan Sanga Sanga- Dondang

Ruas jalan di Dondang yang rusak akibat aktifitas tambang batu bara beberapa waktu lalu

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mendesak pihak perusahaan CV Prima Mandiri untuk bertanggung jawab dalam menuntaskan perbaikan Jalan Sanga Sanga – Dondang di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang rusak akibat aktivitas tambang batu bara beberapa waktu lalu.

“Infrastruktur jalan Dondang yang menghubungkan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda masih menjadi masalah bagi masyarakat, terutama para petani,” ungkap Samsun, Selasa (31/10/2023).

Samsun menyebutkan bahwa, para petani di sana mengeluhkan jalan yang rusak padahal mereka sangat membutuhkan prasarana jalan yang bagus untuk membawa hasil pertanian mereka.

Baca Juga  Hasanuddin Mas'ud Dorong Pemerataan Guru dan Perbaikan Sarana Pendidikan di Kaltim

“Infrastruktur jalan Dondang ini sangat penting untuk kelancaran distribusi hasil pertanian,” kata Samsun.

Sebelumnya, Samsun mengaku telah mendapatkan informasi bahwa perbaikan jalan Dondang tersebut ditargetkan selesai pada Februari 2023. Namun perbaikan tersebut bukan merupakan tanggung jawab Dinas PUPR, melainkan tanggung jawab perusahaan yang telah merusak jalan tersebut.

“Perusahaan yang beroperasi di sana harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang mereka sebabkan,” tegas Samsun.

Pihaknya akan terus mengawasi dan mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut. Jika mereka tidak memenuhi janjinya, maka DPRD Kaltim bersama pemerintah provinsi akan mengambil langkah hukum.

Politikus Partai PDI-Perjuangan ini berharap agar perbaikan jalan Dondang dapat segera diselesaikan agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Oleh karena itu perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut dapat menjaga lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca Juga  Siti Rizky Amalia Sebut Sungai Karang Mumus Berpotensi Tingkatkan PAD

“Kami berharap adanya sinergi antara pemerintah, DPRD, perusahaan dan masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.

Seperti diketahui bahwa, perusahaan batu bara CV Prima Mandiri telah menyepakati untuk melakukan perbaikan kerusakan ruas Jalan Sangasanga-Dondang di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang berstatus jalan provinsi.

“Ada sembilan poin kesepakatan dari pertemuan dengan perusahaan dengan Pemprov Kaltim,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Ujang Rahmad usai memimpin peninjauan dan pertemuan bersama manajemen CV Prima Mandiri beberapa waktu lalu.

Ujang menjelaskan penanganan kerusakan jalan provinsi sampai dengan agregat dan berfungsi kembali badan jalan akan dilaksanakan perusahaan dalam waktu empat bulan ke depan.

Baca Juga  Salehuddin Minta Perusahaan Berstatus PMA di Kaltim Prioritaskan Kepentingan Warga Lokal

Untuk perbaikan ini, pihak perusahaan akan terlebih dulu melakukan survei, membuat kajian teknis dan desain konstruksi jalan dalam waktu satu bulan dan menyerahkan ke Dinas PUPR Pera Kaltim untuk dievaluasi. (Usm)