Kaltim  

Program Z-Auto BAZNAS: Mendorong Kemandirian Ekonomi UMKM Bengkel Motor di Kalimantan Timur

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Sesuai arahan Pusat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Timur, program pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditingkatkan melalui inisiatif terbarunya yang dikenal sebagai Program Z-Auto. Acara ini berlangsung di halaman kantor Baznas pada Kamis, 8 Februari 2024.

Dalam acara tersebut, Unsur Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, menjelaskan bahwa Program Z-Auto bertujuan untuk memberdayakan UMKM di bidang usaha bengkel motor.

Baca Juga  Dewan Minta Pemerintah Masifkan Sosialisasi BLK Kepada Masyarakat

Baznas memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha bengkel motor, sekaligus menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala, dengan harapan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha bengkel.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Barang Beredar, Warsito, menyambut baik inisiatif ini dan berharap dapat bersinergi dalam membangun perekonomian masyarakat.

Dengan bantuan modal, pelatihan, dan pendampingan teknis dari Baznas bertujuan agar pelaku usaha bengkel motor dapat meningkatkan kualitas usaha mereka dan mencapai kemandirian ekonomi. Program ini juga diharapkan memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf hidup para mustahik.

Baca Juga  Hamas Ajak Generasi Muda Kaltim Terjun ke Dunia Industri Kreatif

Melalui Program Z-Auto, Baznas berperan aktif dalam mendukung pengembangan UMKM di Kalimantan Timur, khususnya di sektor usaha bengkel motor. Kolaborasi antara pemberdayaan ekonomi dan pemberian zakat diharapkan menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.

(Bud)