Kaltim  

Kaltim Berzakat: Menetapkan Target Penyaluran Zakat Rp 20 Miliar untuk 2024

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Acara “Kaltim Berzakat” diadakan di Kompleks Kantor Gubernur Kaltim baru-baru ini, dihadiri oleh para muzakki dari berbagai latar belakang, termasuk pegawai pemerintah, karyawan swasta, pengusaha pertambangan, dan pengusaha perkebunan pada Rabu, 27/03/2024.

Acara tersebut dimulai langsung dari Penjabat (PJ) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, serta perwakilan perusahaan lainnya.

Pada tahun 2023, BAZNAS Kaltim berhasil mengumpulkan total zakat sebesar Rp 14,4 miliar, yang dialokasikan untuk 5 program unggulan BAZNAS.

Baca Juga  Monitoring ke PT KFI, DPRD Kaltim Minta Pembinaan K3 Ditingkatkan

Dalam konteks ini, PJ Gubernur Kaltim mengingatkan BAZNAS Kaltim untuk lebih proaktif dalam menggalang zakat, mengikuti potensi besar zakat di Kalimantan Timur. Target penyaluran zakat, infak, dan sedekah tahun 2024 ditetapkan sebesar Rp 20 miliar.

Program unggulan BAZNAS Kaltim juga mencakup penyaluran zakat di sektor pendidikan, terutama untuk anak-anak dan mahasiswa yang kesulitan biaya pendidikan.

Baca Juga  Peringatan Komisi I DPRD Kaltim terhadap Potensi Manipulasi Politik dalam Pemilu

Selain itu, pendistribusian zakat juga dimanfaatkan untuk membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bantuan alat mesin pertanian untuk petani, petambak, serta bantuan untuk usaha kecil dengan peralatan dan modal.

(Nng/Bud)