Bersama Memajukan Indonesia, Berikut Pesan Seno Aji Di Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun

Ir H Seno Aji Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS–Awal mulanya, Sumpah Pemuda terwujud karena adanya penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia.

Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat, sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 dengan mengambil tema  “Bersama Memajukan Indonesia ” Wakil Ketua DPRD Kaltim Ir H Seno Aji mengajak seluruh Pemuda pemudi di Kaltim khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk bersama sama memaknai Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 ini bagi Gen-z.

Seno Aji mengatakan Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa.

Baca Juga  Andi Faisal Gelar Reses di Desa Tanjung Aru Paser

“Makna Sumpah Pemuda yang kedua adalah sebagai rasa cinta tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat. Sumpah Pemuda menyumbangkan besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku,” ujar Seno Aji.

Disisi lain politisi partai Gerindra Kaltim dapil Kukar ini juga mendorong Semangat Juang Generasi Muda atau Gen-z ini.Dalam rumusan Sumpah Pemuda akan kita  temukan betapa gelora semangat para pemuda berkobar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan.

“Semangat juang dalam isi Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda atau Gen-z saat ini untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan,”tegasnya.

Makna Sumpah Pemuda yang bisa diambil adalah semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan para pemuda generasi terdahulu. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai komunikasi universal dalam negara. Inilah makna Sumpah Pemuda yang perlu dipahami.

Baca Juga  Reza Ajak Masyarakat Kaltim Tingkatkan Minat Baca

“Kita ingin dari generasi ke generasi mampu memaknai dengan baik cita-cita luhur dari penggagas lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan kesatuan. Saat ini, makna hari sumpah pemuda di kalangan milenial diartikan tidak hanya sekedar kebiasaan dan perayaan tahunan saja, namun seharusnya bisa merefleksikan semangat perjuangan pemuda saat itu ketika memegang tombak untuk meraih kemerdekaan,” beber Seno Aji.

Salah satu perjuangan pemuda saat ini yaitu dengan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan, karena di era globalisasi seperti sekarang, rasa persatuan tersebut bisa saja mengikis nilai persaudaraan jika kita tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan benar, dan kurangnya rasa toleransi untuk menerima perbedaan. Padahal perbedaan adalah bagian dari kemajemukan bangsa Indonesia, dan menjadi alasan bersatunya Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya secara pribadi dan sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim dari fraksi Gerindra dapil Kukar mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 mari membangun semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa
dalam Memajukan Indonesia. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju, meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah
daerah,” pungkasnya. (Adv/ DPRD Kaltim).