MTs Negeri Samarinda Gelar Kegiatan Profil Pancasila di Gedung DPRD Kaltim

MTs Negeri Samarinda saat mengunjungi Kantor DPRD Kaltim.

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Proyek Penguatan Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan diikuti seluruh peserta didik kelas 8 dan didampingi fasilitator guru kelas 8 MTs Negeri Samarinda. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala MTs Negeri Samarinda Misbakhus Sururi

Di Gedung DPRD Kaltim, mereka disambut oleh wakil ketua komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati yang didampingi anggota komisi IV Fitri Maisyaroh.

Puji mengapresiasi kunjungan MTs Negeri Samarinda ke DPRD Kaltim. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran putra-putri peserta didik dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan di P5.

Baca Juga  Panen Raya Padi Di Bukit Pariaman Kutai Kertanegara di hadiri Wakil DPRD Provinsi Kaltim Seno Aji

“Ini adalah langkah strategis yang dilakukan oleh MTs Negeri Samarinda dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang sehat, pintar, cerdas dan juga unggul, mempunyai daya saing dan yang paling penting mereka mempunyai karakter yang baik,” kata Puji.

Menurutnya, harapan semua dimana kurang lebih 26 tahun lagi mereka yang merupakan generasi z berumur 13 atau 14 tahun ini adalah calon-calon pemimpin kedepan.

“Sejak dini sudah dipersiapkan tidak hanya secara ilmu pengetahuan. Tetapi juga bagaimana kepekaan sosial di dalam menghadapi perubahan-perubahan di era digitalisasi dan juga bagaimana menumbuhkan karakter bagi anak-anak didik,” ujarnya.

Baca Juga  APBD Kaltim Capai 25,32 Triliun, Seno Aji : Maksimalkan Penggunaan Anggaran

Sementara Misbakhus membenarkan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu rangkaian dari pembelajaran kegiatan P5 yang mana dilaksanakan dengan tujuan agar pelajar dapat mendapatkan pembelajaran secara langsung di luar lingkungan sekolahnya.

“Diharapkan dari pembelajaran kali ini, dapat semakin memupuk jiwa kepemimpinan yang baik bagi peserta didik MTs Negeri Samarinda, karena tidak menutup kemungkinan para peserta didik mendatang yang akan berperan dan berkontribusi pada legislatif, yudikatif, maupun eksekutif pada kancah perpolitikan di Indonesia,” ucap Misbakhus. (Usm).