Kebakaran Melanda Pemukiman di Jalan Dr.Sutomo Samarinda, Relawan Berjuang Selamatkan Korban

Foto:Istimewa/Pemukiman Jl Dr, Sutomo yang tebakar pada Kamis 21/12/2023.                 

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS – Sebuah kebakaran dahsyat melanda wilayah permukiman di Jalan Dr. Sutomo, RT 31, 32, 33, dan 40, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, pada Kamis, 21 Desember 2023, antara pukul 15.40 hingga 17.40 Wita dengan durasi sekitar 2 jam.Data sementara dari ITS-TRC dan Disdamkar Samarinda mencatat, 43 bangunan terbakar, merenggut tempat tinggal 148 kepala keluarga dengan total 577 jiwa. Kejadian ini mengakibatkan 5 relawan terluka, 1 relawan mengalami kesulitan bernafas, 2 warga luka ringan, 1 warga pingsan, dan 1 personel patroli beat mengalami luka ringan.

Baca Juga  Dukung Pengembangan Potensi Alam, DPRD Samarinda dan DPRD Gowa Jalin Kerjasama

Meskipun kejadian ini menimbulkan kerugian besar dengan terbakarnya 43 bangunan, beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian, namun dugaan sementara menunjukkan bahwa api bermula dari rumah warga di RT 32.

Berbagai kendala di lapangan seperti jalan yang relatif sempit, titik air terbatas di sisi RT 32, dan bangunan mayoritas terbuat dari kayu, menambah kesulitan dalam proses pemadaman. Upaya penanganan kebakaran melibatkan 15 unit fire truck dari Disdamkar dan PMK swasta, serta 40 mesin portable dari relawan.

Baca Juga  Serap Tenaga Kerja dan Kurangi Angka Pengangguran UINSI Samarinda Gelar Job Fair 2023

Unsur di lapangan termasuk Relawan Kota Samarinda, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, Tim Medis Emergency Medical Team (EMT-ITS), dan berbagai instansi lainnya seperti PLN Samarinda, Satlantas Polresta Samarinda, dan PMI Samarinda.

Pihak berwenang terus bekerja sama untuk mengatasi kendala dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Laporan akan terus diperbarui seiring perkembangan situasi.
(Nng)