Dukung Program Hilirisasi, Samsun: Sumber Daya di Kaltim Luar Biasa

Wakil ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun.

SAMARINDA.NUSANTARA NEWS- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun mendukung program Hilirisasi yang merupakan program Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Samsun, Hilirisasi harus segera diterapkan di Kaltim. Karena sumber daya alam di Kaltim yang begitu melimpah.

“Iya tentunya demi mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam di Kaltim yang melimpah, hilirisasi harus segera dilakukan. Mengingat di Kaltim sendiri batubara yang dihasilkan selama ini lebih banyak kita hanya mengekspor bahan mentah atau material,” kata Samsun.

Baca Juga  Tiyo Kembali Terima Aspirasi Masyarakat Samarinda Melalui Forum Reses

Menurut Politisi PDIP ini selain pertambangan, ia mengatakan Kaltim sudah memiliki banyak sekali pabrik minyak sawit mentah (CPO) yang mengolah minyak sawit mentah.

Kaltim saat ini harus memikirkan produk turunannya agar industri kelapa sawit bisa lebih optimal dari hulu hingga hilir.

Sedangkan untuk pemanfaatan lahan pasca tambang, Samsun mengakui pemanfaatan tersebut merupakan ide yang cukup bagus namun masih sulit diwujudkan secara efektif.

Baca Juga  Ambulansi Komariah Laksanakan Kegiatan Reses di Perumahan Bukit Pinang Samarinda

Ia berasumsi, tanah bekas tambang mengandung zat asam yang berdampak pada tanah tersebut. Sehingga menjadi tidak produktif untuk melakukan penanaman kembali.

“Kalaupun bisa, butuh usaha yang cukup besar. Dimana tanahnya harus gembur lagi dan juga perlu menambah unsur hara dalam tanah,” tutupnya. (Umn).