Dianggap Bisa Tingkatkan Pendapatan Daerah, Sapto Minta Pemprov Kaltim Optimalkan Sektor Pariwisata

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur, Sapto Setyo Pramono.

SAMARINDA NUSANTARA NEWS- Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono menilai sektor pariwisata memiliki potensi yang besar untuk mendongkrak pendapatan daerah.

Ia mendorong pemerintah provinsi Kaltim melalui Dinas Pariwisata agar sektor tersebut betul-betul diperhatikan secara optimal.

Sapto juga mendukung jika pemanfaatan sektor pariwisata dimaksimalkan sesuai Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.

Politikus Partai Golkar ini memaparkan, dari 10 kabupaten/kota di Kaltim masing-masing telah dianugerahi destinasi wisata yang sangat luar biasa dan memanjakan mata para pengunjung yang datang..

Baca Juga  Bagus Susetyo Soroti Lambatnya Pembangunan Bendungan Sungai Talake

“Sektor pariwisata bisa dimanfaatkan terlebih dengan hadirnya IKN Nusantara di Kaltim, dan tentunya akan menarik perhatian orang luar untuk menikmatinya sehingga jadi pemasukan daerah,” kata Sapto.

Menurutnya, sektor pariwisata perlu didukung dengan sarana prasarana yang memadai, seperti infrastruktur jalan menuju tempat wisata. Termasuk keselamatan di tempat wisata perlu ditingkatkan.

“Di Kabupaten Kutai Barat sana misalnya, sangat luar biasa destinasi wisatanya hanya menuju tempatnya akses jalan menjadi perhatian utama masyarakat,” kata Sapto.

Baca Juga  Seno Aji Protes Keras Prihal Tenaga Kerja Lokal Yang Tidak Dilibatkan Dalam Proyek Pembangunan IKN

Selain peningkatan pendapatan asli daerah, sektor pariwisata juga membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kaltim. Sapto menyebut, pelaku usaha dan destinasi wisata diketahui memiliki kesinambungan yang kuat, jadi sangat cocok.

Melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dianggap sanggup meningkatkan sektor pariwisata di semua wilayah.

“Perlu ada perubahan yang ditonjolkan Provinsi ini sebagai penyangga Ibu Kota,” tandasnya. (Umn).