Gejala Jika Kekurangan Vitamin “D”

Channel NusantaraNews, Pentingnya Vitamin D yang bermanfaat untuk tubuh, yang berperan sebagai proses penyerapan Kalsium, resiko beberapa keluhan jika kekurangan Vitamin D di antaranya munculnya penyakit tertentu, mulai dari gangguan tulang hingga infeksi.

Oleh karena itu, gejala kekurangan vitamin D perlu dikenali sedini mungkin.

Di kutip dari Alo Dokter.com beberapa gejala jika kekurangan Vitamin D :

. Mudah lelah
Rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh dapat membuat tubuh lebih cepat lelah dan kurang berenergi. Oleh karena itu, orang yang kekurangan vitamin D cenderung terlihat lesu dan kurang banyak beraktivitas karena merasa tubuhnya kurang bertenaga.

. Nyeri tulang dan otot
Beberapa studi menunjukkan bahwa salah satu gejala kekurangan vitamin D yang cukup banyak terjadi adalah nyeri tulang dan otot, terutama di bagian leher dan punggung. Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan lemah otot dan kram otot.

Baca Juga  Dinas PKH Berikan Vaksin Rabies Gratis

. Tulang keropos
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan jumlah kalsium dalam tubuh berkurang. Hal ini bisa membuat tulang menjadi keropos. Ketika tulang sudah keropos, seseorang bisa merasakan gejala berupa nyeri tulang, tulang mudah patah, atau perubahan postur tubuh.

. Penyembuhan luka lebih lama.
Penyembuhan luka setelah operasi atau kecelakaan yang lebih lama dari biasanya, bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D. Hal ini dikarenakan vitamin D memengaruhi produksi senyawa kimia dalam tubuh yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

Sering sakit-sakitan.
Vitamin D berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dengan cara menunjang kerja sel darah putih. Inilah mengapa orang yang kekurangan vitamin D cenderung lebih mudah sakit. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih sering terserang infeksi, misalnya ISPA, flu, bronkitis, pneumonia, dan diare.

Baca Juga  Haken Tennizar Toena, Sp.DV : Bayi Rentan Masalah Kulit, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

. Perubahan suasana hati (mood)
Salah satu gejala kekurangan vitamin D adalah perubahan mood. Orang yang kekurangan vitamin D akan sering terlihat sedih atau murung. Hal ini diduga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mengapa orang yang kekurangan vitamin D cenderung mudah lelah.

Langkah Penanganan dan Pencegahan Kekurangan vitamin D Gejala kekurangan vitamin D dapat diatasi dengan selalu memenuhi asupan vitamin D tiap harinya. Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah rutin berjemur pada pagi hari, tepatnya sebelum pukul 10 pagi. Selain itu, kekurangan vitamin D juga bisa diatasi dengan cara memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Baca Juga  Gejala Jika Kekurangan Vitamin "D"

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan suplemen vitamin D
mencukupi kebutuhan vitamin D. Akan tetapi, penggunaan suplemen ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar dapat ditentukan dosis yang sesuai kondisi Anda. (*)